Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

Anda mungkin tidak menyadari dengkuran Anda sendiri karena, yah, Anda sedang tidur, tetapi jika dengkuran penting Anda yang lain, Anda tahu betapa buruknya itu. Kurang tidur dan ketegangan pada hubungan interpersonal adalah dua hasil yang umum.

Kabar baiknya adalah Anda dapat melakukan hal-hal untuk membantu pasangan Anda dan membantu diri Anda sendiri, memastikan bahwa Anda berdua mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Apa yang dimaksud mendengkur?

Tahukah Anda bahwa sekitar 45 persen orang dewasa terkadang mendengkur? Meskipun Anda mungkin tergoda untuk tidur di sofa atau menggunakan penyumbat telinga jika pasangan Anda termasuk dalam kategori ini, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membantu mereka mengatasi masalah ini yang pada akhirnya akan menguntungkan Anda berdua.

Mencari tahu pendengkur seperti apa yang Anda hadapi adalah langkah pertama dalam mencari tahu bagaimana membuat mereka berhenti. Lima yang paling umum adalah:

  1. Hidung: Lubang hidung yang kolaps atau saluran hidung yang tersumbat menyebabkan pernapasan melalui mulut.
  2. Pernapasan mulut: Disebabkan oleh mulut terbuka dan rahang yang rileks.
  3. Palatal flutter: Langit-langit lunak dan uvula bergetar.
  4. Lidah: Lidah turun ke bagian belakang mulut dan menghalangi jalan napas.
  5. Multi-faktorial: Ini adalah kombinasi dari beberapa, atau semua metode mendengkur yang disebutkan di atas.

Menghilangkan Mendengkur: Mungkinkah?

Baik sebelum tidur maupun di malam hari, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi kemungkinan dengkuran Anda akan mengganggu teman tidur Anda. Namun, ada banyak variasi dalam gaya mendengkur, sehingga hal ini tidak dapat digeneralisasi. Perlu diingat bahwa mendengkur bisa menjadi pertanda masalah kesehatan yang lebih serius, jadi jika tips di bawah ini tidak berhasil, mungkin sudah saatnya untuk menemui dokter.

Metode untuk Mengurangi Mendengkur

Ada banyak solusi untuk masalah terjaga karena dengkuran orang lain. Obat alami dan alat bantu tidur sama-sama efektif untuk mengurangi dengkuran, namun teknik pencegahan dengkuran yang paling efektif akan bervariasi tergantung pada kasus masing-masing.

Bantuan dan Produk untuk Mencegah Mendengkur

Ada sejumlah obat bebas yang dapat membantu Anda dan pasangan tidur nyenyak dengan mencegah dengkuran. Setiap pendengkur dapat menemukan solusi yang sesuai.

Untuk menghentikan dengkuran melalui hidung, banyak orang beralih ke strip hidung, dilator hidung, atau semprotan hidung. Ini membantu membuka saluran hidung, menurunkan frekuensi getaran yang menyebabkan dengkuran.

Penggunaan semprotan mulut, pelindung mulut, atau strip dagu dapat membantu mereka yang bernapas melalui mulut. Mereka yang mendengkur karena lidahnya dapat memperoleh manfaat dari alat pemacu mandibula, sedangkan mereka yang mendengkur karena palatal flutter dapat menggunakan semprotan mulut atau chin-up strip. Individu yang mendengkur karena berbagai alasan bisa mendapatkan bantuan dengan memanfaatkan lebih dari satu solusi yang tercantum di atas.

Solusi Mendengkur yang Tidak Melibatkan Obat-obatan

Terlepas dari jenis pendengkur Anda atau pasangan Anda, ada berbagai solusi alami yang dapat Anda coba sebelum menghabiskan uang untuk strip atau perangkat yang mungkin berfungsi atau tidak. Penyesuaian terhadap cara hidup seseorang mungkin diperlukan dalam berbagai keadaan. Misalnya, orang yang mengalami obesitas atau yang makan makanan yang tidak sehat mungkin memiliki kelebihan jaringan lemak di tenggorokan mereka, oleh karena itu penurunan berat badan dapat membantu. Karena ini dapat menyebabkan mendengkur, penting untuk menyadari konsekuensi yang mungkin terjadi.

Baca Juga  Apa Perbedaan Alergi Susu Sapi dan Intoleransi Laktosa?

Anda juga harus membatasi asupan alkohol dan tidak pernah minum di malam hari atau di akhir pekan. Saat Anda meminum obat penenang atau minum alkohol, otot-otot di tenggorokan Anda rileks dan berpotensi menutup saluran udara Anda. Berhenti merokok segera karena nikotin mengiritasi lapisan tenggorokan dan hidung, membuat dengkuran lebih mungkin terjadi.

Anda juga disarankan untuk mencoba menggunakan minyak esensial untuk mengatasi dengkuran Anda. Meskipun kurangnya bukti yang mendukung penggunaannya, banyak orang mengklaim telah berhasil berhenti merokok dengan menggunakan minyak esensial. Jika Anda cenderung mendengkur saat sesak, kemampuan peppermint untuk membersihkan sinus bisa membantu.

Cara Berhenti Mendengkur Meskipun Pasangan Anda Tidur

Teknik paling efektif untuk menghentikan pasangan Anda dari mendengkur adalah menunggu mereka mengubah kebiasaan dan gaya hidup mereka. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah seseorang menopang tubuh saat mereka tidur, yang mungkin berguna jika Anda bosan dengan malam tanpa tidur.

Solusi umum adalah dengan menggeser orang tersebut ke samping sebelum tidur untuk menghindari risiko mati lemas akibat berbaring telentang. Untuk melawan kecenderungan pasangan Anda untuk berguling telentang, berinvestasi dalam bantal tubuh.
Cara Berhenti Mendengkur Secara Permanen

Ingatlah bahwa penyebab dengkuran seseorang mungkin sulit ditentukan. Meskipun ini mungkin benar, ada beberapa cara untuk mengakhirinya dan memastikan tidur malam yang nyenyak bagi Anda dan pasangan.

Karena jalan menuju tidur tanpa mendengkur mungkin melibatkan berbagai strategi dan produk, penting untuk mencoba yang ditunjukkan di bawah ini selain saran lain yang mungkin Anda temukan. Meskipun, pada akhirnya, semua orang akan tidur lebih nyenyak jika langkah-langkah ini diambil.

Mengapa Mendengkur Buruk untuk Hubungan Anda

Pasangan mengalami kesulitan tidur bersama karena efek mendengkur yang mengganggu tidur. Banyak orang yang sudah menikah memilih untuk tidak berbagi tempat tidur sehingga tidak ada pasangan yang terlalu mengantuk di siang hari.

Langkah pertama untuk memperbaiki pernikahan yang telah tegang oleh salah satu pasangan mendengkur adalah menyadari bahwa mendengkur adalah gejala dari masalah medis yang dapat diobati, seperti sleep apnea.

Mendengkur sekarang dapat diobati dengan berbagai pilihan non-invasif di kantor. Klinik Tidur Alaska tidak akan pernah menyombongkan diri bahwa kami telah menyelamatkan pernikahan, tetapi kami telah mendengar dari banyak pasien bahwa mereka jauh lebih bahagia sekarang karena dengkuran mereka telah disembuhkan dan mereka dapat menghabiskan waktu berkualitas untuk berpelukan dengan pasangan mereka.