Bolehkah Bubur Bayi Menggunakan Royco?

Bubur bayi adalah salah satu makanan penting dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan balita. Saat memasak bubur bayi, penting bagi orangtua untuk memperhatikan kualitas dan komposisi bahan-bahannya. Salah satu pertanyaan umum yang sering diajukan adalah apakah boleh menggunakan Royco, sebuah bumbu penyedap rasa, dalam bubur bayi.

Peraturan dari WHO dan IDAI tentang Bubur Bayi

Untuk menjawab pertanyaan ini, penting untuk merujuk pada peraturan yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Menurut dokter Diana dalam konferensi Royco: Hari Gizi Nasional 2022, WHO dan IDAI telah mengizinkan penggunaan gula dan garam dalam makanan pendamping ASI (MPASI) untuk anak-anak. Ini berarti bahwa orangtua dapat menambahkan sedikit gula dan garam ke dalam bubur bayi.

Penyedap Rasa dalam Bubur Bayi

Selain gula dan garam, banyak orangtua juga tertarik untuk menambahkan penyedap rasa pada bubur bayi mereka. Menurut dokter Diana, penggunaan penyedap rasa seperti Royco dalam bubur bayi juga diperbolehkan. Namun, penting untuk menggunakan penyedap rasa dengan bijak dan dalam jumlah yang sangat terbatas.

Mengapa Penggunaan Royco Perlu Dibatasi?

Meskipun penggunaan penyedap rasa seperti Royco diperbolehkan dalam bubur bayi, penting untuk membatasinya dengan cermat. Beberapa alasan mengapa penggunaan Royco dalam jumlah besar harus dihindari adalah:

  1. Kandungan Garam yang Tinggi: Royco mengandung garam, dan mengonsumsi garam berlebihan pada usia bayi dapat berdampak negatif pada kesehatan mereka. Garam berlebihan dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular di kemudian hari.

  2. Potensi Alergi: Beberapa penyedap rasa seperti Royco mengandung bahan-bahan tertentu yang dapat memicu reaksi alergi pada bayi yang rentan. Jika bayi Anda memiliki riwayat alergi makanan atau adanya tanda-tanda intoleransi terhadap bahan-bahan tertentu, sebaiknya menghindari penggunaan penyedap rasa dalam bubur bayi mereka.

  3. Kelebihan Rasa: Penggunaan penyedap rasa dalam jumlah berlebihan dapat mempengaruhi pola makan dan selera anak. Anak-anak yang terbiasa dengan rasa yang sangat kuat mungkin kesulitan menerima makanan tanpa penyedap rasa di masa depan.

Baca Juga  Mengapa Kita Sering Menghela Napas Panjang?

Alternatif yang Lebih Sehat untuk Bubur Bayi

Agar bubur bayi tetap lezat tanpa harus menggunakan penyedap rasa seperti Royco, ada beberapa alternatif yang sehat dan alami yang dapat dipertimbangkan:

  1. Bumbu Alami: Gunakan bumbu-bumbu alami seperti bawang putih, bawang merah, jahe, atau rempah-rempah seperti kayu manis, jintan, atau ketumbar untuk memberikan rasa pada bubur bayi. Bumbu-bumbu alami ini tidak hanya memberikan rasa yang enak, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan yang baik.

  2. Buah dan Sayuran: Tambahkan buah-buahan atau sayuran yang telah dihaluskan ke dalam bubur bayi untuk memberikan rasa dan nutrisi tambahan. Misalnya, Anda dapat menambahkan buah pisang yang matang atau wortel yang lembut ke dalam bubur bayi.

  3. Perlahan-lahan Kurangi Ketergantungan pada Penyedap Rasa: Jika Anda sudah terbiasa menggunakan penyedap rasa dalam bubur bayi, cobalah secara bertahap mengurangi jumlah yang digunakan. Dengan memberikan bubur bayi yang lebih alami, Anda membantu anak Anda mengembangkan selera yang sehat dan mengurangi kebutuhan mereka terhadap penyedap rasa.

Penggunaan Royco dalam bubur bayi boleh diperbolehkan dengan catatan harus dalam jumlah yang sangat terbatas. WHO dan IDAI telah mengizinkan penggunaan gula dan garam dalam bubur bayi, termasuk penggunaan penyedap rasa dalam jumlah yang bijaksana. Namun, perlu diingat bahwa ketergantungan yang berlebihan pada penyedap rasa dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan dan pola makan anak. Sebagai gantinya, lebih baik mencoba bumbu alami, buah-buahan, dan sayuran untuk memberikan rasa dan nutrisi tambahan pada bubur bayi. Dengan memilih opsi yang lebih sehat, Anda membantu memastikan pertumbuhan dan perkembangan yang optimal bagi si kecil.